Jangan Mendisiplinkan Anak!

disiplin

 

Oleh: Ali Fauzi

Setiap guru dan setiap orangtua pasti menginginkan anak atau anak didiknya menjadi anak yang disiplin. Tetapi, ada aturan penting yang harus diingat, “Jangan mendisiplinkan anak, tetapi didiklah anak untuk menjadi disiplin.”

Mendisiplinkan anak dan mendidik anak untuk menjadi disiplin itu dua hal berbeda. Kita, sebagai guru atau orangtua, hanya perlu introspeksi ke bagian mana kita bersikap.
Mendisiplinkan anak sering berbentuk perintah daripada instruksi. Kita meminta melakukan sesuatu kepada anak tanpa kita jelaskan dengan baik kenapa dia harus melakukannya. Tidak ada seorangpun yang melakukan suatu tindakan tanpa alasan. Misalnya, ketika seorang guru sedang mengajar dan ada beberapa anak yang asik berbincang-bincang dengan temannya. Maka, bisa jadi, penyebabnya adalah materi atau cara guru menyampaikan materi tersebut kurang menarik bagi anak. Sehingga dia mencari sesuatu yang lebih menarik.

Apabila kita mengingatkan anak tersebut dengan kata-kata “Hai, kamu, diam! Dari tadi ngobrol terus”, maka kita sedang mendisiplinkan anak. Dari sikap