Kecerdasan Emosi; Permainan Aku Suka dan Tidak Suka

Group Of Elementary Age Children In Art Class With Teacher
Group Of Elementary Age Children In Art Class With Teacher

Oleh: Ali Fauzi

Setiap tahun, sebagai guru, saya sengaja menyediakan dua jam pelajaran dalam satu semester. Dalam dua jam pelajaran ini, anak-anak tidak belajar materi bidang studi. Mereka belajar mengenal emosi dan perasaannya. Anak-anak juga belajar tentang dirinya dan orang lain. Materi ini saya sebut dengan “Suka dan Tidak Suka”

Tujuannya, agar mereka bisa menjadi penasihat dan motivator bagi dirinya sendiri dan temannya. Dengan kegiatan ini, anak juga akan tahu bagaimana teman-teman sekelasnya melihat dan menilai sikap dirinya. Sehingga anak-anak bisa mengambil sikap berikutnya yang lebih baik bagi dirinya dan orang lain.
Biasanya saya menyediakan dua kali pertemuan untuk materi ini.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Siswa duduk membentuk lingkaran besar.

2. Setiap siswa memiliki kertas yang sudah ditulis nama dan memegang alat tulis.

3. Kertas akan berputar ke kanan/kiri satu kali sampai kembali ke pemiliknya.

4. Penerima kertas akan menulis suka/tidak suka secara acak dari segi urutan, tanpa nama penulis pesan, dan dalam waktu 30 detik/1 menit.

5. Hal penting, anak menulis tanpa berbicara.

6. Berikut contoh form:

Membuka pertemuan ini dengan baik sangatlah penting. Menekankan kejujuran dan peduli terhadap teman adalah nilai utama yang harus dipahami anak. Berikutnya, bawalah mereka agar menjadi penasihat yang baik.

Terimakasih

Author: Ali Fauzi

SEJUTAGURU merupakan tempat untuk berbagi ide, pemikiran, informasi dan kebijaksanaan hidup. Lebih khusus lagi di bidang pendidikan: guru, pendidik, sekolah, dan proses belajar. Pengelola blog ini adalah seorang guru, orangtua, dan selalu siap menerima dan berbagi ilmu.

Share

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.