Film Pendidikan Inspiratif

akeelah

Oleh : Ali Fauzi

Ini adalah ulasan kedua tentang film pendidikan yang menginspirasi. Sebelumnya saya menulis ulasan tentang film inspiratif bagi guru, yaitu film Front of The Class, lihat ulasannya di sini.

Menonton film memiliki arti belajar tentang kehidupan melalui kisah orang lain. Dalam bentuk cerita yang menarik, sebuah film mampu menjadi sebuah hiburan sekaligus pendidikan. Unsur hiburan menjadi sangat penting karena proses belajar memang harus menyenangkan.

Ketika kita menjumpai seorang anak memiliki kelebihan tertentu dan kita kurang mengerti bagaimana cara mengembangkannya, maka menonton film ini akan membantu kita untuk menemukan, menumbuhkan, dan mengembangkan kemampuan anak. Film ini berjudul Akeelah and The Bee. Sebuah film yang mengisahkan Akeelah Anderson, anak berusia 11 tahun yang berasal dari sebuah sekolah yang biasa-biasa saja dan memiliki kemampuan mengeja yang bagus.

Kemampuan yang dimiliki oleh Akeelah bukan karena dia memiliki indera keenam atau karena memiliki kemampuan luar biasa. Akeelah hanya memiliki kemampuan dan kemudian bertemu dengan guru yang tepat dengan metode yang tepat pula. Inilah kelebihan film yang rilis tahun 2006 ini. Berbeda dengan film dengan tema sejenis yang berjudul Bee Season. bee season

Dalam film ini, kita akan tahu bagaimana cara menumbuhkan kepercayaan diri anak, perlunya kerja keras, dan metode yang tepat dalam mendidik anak. Film ini juga diperkaya dengan konflik antar teman, konflik keluarga, kejujuran, dan konflik diri. Jika ingin belajar tentang manajemen diri, film ini bisa menjadi pilihan untuk ditonton. Dan masih banyak hal positif lainnya.

Saya sudah menontonnya, kemudian mengajak siswa kelas 6 menontonnya juga, mereka pun sangat antusias. Luangkan waktu sejenak, tinggalkan televisi, tontonlah film ini. Dan kemudian berbagilah dengan kami di blog ini. Terimakasih

Catatan: jika ingin menonton bersama anak-anak, mohon menontonnya terlebih dahulu, karena ada satu scene yang hanya sekitar lima detik yang perlu disensor. Biasa… film hollywood.

 

Author: Ali Fauzi

SEJUTAGURU merupakan tempat untuk berbagi ide, pemikiran, informasi dan kebijaksanaan hidup. Lebih khusus lagi di bidang pendidikan: guru, pendidik, sekolah, dan proses belajar. Pengelola blog ini adalah seorang guru, orangtua, dan selalu siap menerima dan berbagi ilmu.

Share

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.