Kalimat Yang Akan Mengubah Pola Pikir Guru Di Kelas

kelas inspiratif picescorp.in
kelas inspirasi picescorp.in

 

Oleh: Ali Fauzi

Untuk berubah, seringkali berasal dari kenyataan-kenyataan sederhana yang kemudian kita maknai lebih dalam. Mari kita mencoba menyampaikan kalimat yang akan mengubah pola pikir guru di kelas.

Masuklah ke kelas, kemudian katakan kepada semua peserta didik bahwa,

Ini Adalah Kelas Kalian, Bukan Kelas Bapak/Ibu Guru.

Di sini, Bapak/ibu guru akan membantu kalian menemukan dan menggapai cita-cita kalian. Membantu menemukan cara belajar yang lebih bersemangat, lebih mudah, dan lebih menyenangkan”,

 

Ini Adalah Kelas Kalian, Bukan Kelas Bapak/Ibu Guru.

Kalian bebas berbicara, bertanya, atau mengeluarkan pendapat apapun di kelas ini.

Bapak/ibu guru hanya memastikan bahwa dalam menentukan pilihan, kalian dengan sadar memilih sikap untuk tidak saling meninggikan suara, tidak saling adu otot, dan tidak saling menang sendiri. Bapak/ibu guru juga akan membantu kalian menemukan bagaimana cara berbicara yang baik. Berbicara secara bergantian. Jika ada yang berbicara, maka yang lain harus dengan rela mendengarkannya. Berbicara dengan bahasa yang pantas, tidak menghina, dan penuh tanggung jawab.

Jika di antara kalian masih ada yang malu atau tidak berani berbicara dan mengeluarkan pendapat, jangan ragu untuk mencoba. Bapak/Ibu guru akan menjadi pendengar yang baik. Bapak/ibu guru tidak akan membuatmu malu atau menyalahkanmu di depan orang lain. Bahkan, Tugas bapak/ibu guru adalah membantumu menemukan ide dan cara dalam mengungkapkan pendapat.

Kalau saja masih terus belum muncul keberanian dalam berpendapat dan bertanya, maka bapak/ibu guru akan dengan senang hati mendampingi, membantu, dan menuntun kalian dalam berusaha mengeluarkan pendapat sampai mampu melakukannya dengan baik.

Jika kalian sudah saling mampu berbicara dan mengeluarkan pendapat, maka tugas bapak/ibu guru memastikan bahwa kalian mengeluarkan pendapat dengan penuh rasa hormat dan saling menghormati.

 

Ini Adalah Kelas Kalian, Bukan Kelas Bapak/Ibu Guru.

Kalian bebas memilih tempat duduk dan meja milik kalian sendiri. Kalian juga bebas memilih posisi duduk di mana saja. Bebas memasang apa saja di dinding sebagai display kelas. Bahkan, cara mengatur formasi tempat duduk juga bebas kalian tentukan.

Bapak/ibu guru hanya mendampingi kalian dan membantu kalian menemukan pilihan yang tepat yang dapat memberikan manfaat kepada kalian. Bapak/Ibu guru akan menunjukkan pilihan beserta resiko terhadap pilihan-pilihan kalian sendiri. Bapak/ibu guru juga akan membantu jika satu pilihan diperebutkan oleh lebih dari satu orang. Bagaimana cara berkomunikasi, bernegosiasi, cara memahami orang lain, dan cara menyelesaikan masalahnya. (baca: Susunan Duduk Di Kelas Pembelajaran Aktif)

 

Ini Adalah Kelas Kalian, Bukan Kelas Bapak/Ibu Guru.

Kalian bebas menggunakan kelas ini untuk belajar apa saja.

Bapak/ibu guru akan membantu kalian dalam menemukan dan menentukan pilihan yang tepat dalam belajar, bukannya membatasi. Kalian boleh belajar dari teman kalian, dari buku, ataupun dari bapak/ibu guru. Semua ilmu pasti ada manfaatnya.

Di kelas ini, bapak/ibu guru ingin menunjukkan kepada kalian bahwa kalian bisa belajar tentang bersikap yang baik, tentang berteman, dan tentang bersosialisasi. Jika di antara kalian ada yang berselisih faham, maka bapak/ibu guru akan membantu menemukan cara terbaik dalam berdamai. (baca: Belajar Kelompok Sebagai Pembentuk Karakter)

Jika kalian ingin belajar sesuatu dengan cara melakukannya secara langsung, maka bapak/ibu guru akan membantu menemukan dan menyediakan alat-alat praktiknya. Bapak/ibu akan selalu siap mendampingi kalian dalam mencoba sesuatu yang baru yang baik.

Bahkan, jika kalian ingin belajar sesuatu dan kalian belum tahu caranya, maka bapak/ibu guru akan dengan sabar membimbing pelan-pelan apa yang ingin kalian pelajari. Jika bapak/ibu guru tidak bisa, maka bapak/ibu guru akan terus mencari atau menunjukkan cara agar kalian tetap bisa belajar.

 

Ini Adalah Kelas Kalian, Bukan Kelas Bapak/Ibu Guru.

Kalian boleh melakukan aktifitas apa saja yang kalian sukai secara fisik.

Bapak/ibu guru akan memastikan bahwa yang kalian lakukan adalah bukti sayang kalian terhadap badan kalian. Jika kalian ingin memiliki tubuh yang sehat, maka bapak/ibu guru menyediakan waktu bagi kalian secara rutin untuk berolah raga. Mengingatkan kalian jika makanan yang kalian konsumsi kurang baik dan menganjurkan istirahat yang cukup.

Bapak/ibu guru juga ingin memastikan bahwa apa yang kalian lakukan secara fisik tidak menyakiti orang lain. Tidak mengganggu orang lain, juga untuk kebaikan kalian sendiri.

 

Ini Adalah Kelas Kalian, Bukan Kelas Bapak/Ibu Guru.

Kalian boleh bercita-cita setinggi mungkin. Kalian bebas memiliki harapan dan keinginan apa saja.

Bapak/ibu guru akan menunjukkan bahwa kalian harus juga memelihara cita-cita keinginan itu dengan cara berusaha, berusaha lagi, dan berusaha lagi. Bapak/ibu ingin menyampaikan bahwa kita juga harus berdoa kepada Allah SWT agar apa yang kita cita-citakan bisa dimudahkan dan tercapai. Kemudian lengkapilah dengan berbakti kepada kedua orangtuamu! (baca: Cara Yang Sangat Bagus Dalam Membantu Prestasi Siswa)

 

Terimakasih

 

 

Author: Ali Fauzi

SEJUTAGURU merupakan tempat untuk berbagi ide, pemikiran, informasi dan kebijaksanaan hidup. Lebih khusus lagi di bidang pendidikan: guru, pendidik, sekolah, dan proses belajar. Pengelola blog ini adalah seorang guru, orangtua, dan selalu siap menerima dan berbagi ilmu.

Share

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.