Selamat Hari Pendidikan Nasional

sejutaguru.com

Selamat Hari Pendidikan

Selama kasih sayang sesama manusia masih ada, maka proses pendidikan masih terjadi. Kalau seorang guru masih mencintai anak didiknya, maka proses mendidik menjadi proses yang baik dan mencerahkan.

Jika masih ada cinta, tidak akan ada proses menghalalkan segala cara demi nilai dan gengsi. Jika cinta dan sayang menjadi dasar dalam mendidik, maka selalu muncul kegairahan untuk mengantar anak menjadi lebih berkembang.

Jika cinta dan sayang kepada anak didik lebih besar ketimbang cinta kepada gengsi diri sendiri, maka tidak ada proses pendidikan yang menjerumuskan anak-anak dan generasi bangsa. Apakah ada contoh pendidikan yang bisa menjerumuskan? Ya, jika tujuannya adalah nama baik pejabat, nama baik kepala sekolah, nama baik sekolah, nama baik pihak tertentu tanpa melakukan proses yang benar-benar baik dan jujur.

Cintailah anak-anak kita saat berperan sebagai orangtua

Cintailah anak-anak didik kita saat berperan sebagai guru

Cintailah orang-orang yang lebih muda untuk berbagi kebaikan

Cintailah sesama untuk menebar kebaikan dan ketenteraman.

 

Ya, cintailah siapapun!

Karena, cinta dan sayanglah yang bertujuan menyelamatkan

Agar kita bisa menumbuhkan benih-benih kebaikan sebanyak mungkin

 

Ing Ngarso Sung Tulodo

Ing Madyo Mangun Karso

Tut Wuri Handayani

 

Author: Ali Fauzi

SEJUTAGURU merupakan tempat untuk berbagi ide, pemikiran, informasi dan kebijaksanaan hidup. Lebih khusus lagi di bidang pendidikan: guru, pendidik, sekolah, dan proses belajar. Pengelola blog ini adalah seorang guru, orangtua, dan selalu siap menerima dan berbagi ilmu.

Share

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.