Pendidikan Karakter Dari Lionel Messi

messi || sport.detik.com

www.sejutaguru.com||

Ini adalah bocoran dari pelatihnya saat ini.

“Messi normal saja melakukannya karena kita selalu melihatnya. Di antara kita, itu tidak normal, tapi Messi melakukan hal-hal luar biasa dan membuatnya menjadi kebiasaan”, ujar pelatih Ernesto Valverde.

Komentar itu dia katakan ketika Messi mencetak hat-trick dan mengantarkan Barcelona menang 4-0 saat menjamu PSV pada Selasa (18/9/2018).

Yang istimewa adalah kalimat “melakukan hal-hal luar biasa dan membuatnya menjadi kebiasaan”. Inilah awal mula pendidikan karakter, yaitu membangun kebiasaan.

Saya teringat buku Daniel Kahneman yang berjudul Thinking, Fast and Slow. Buku bagus yang akan memperkaya fondasi berpikir kita sebagai pendidik. Buku yang menjelaskan bahwa ada dua sistem cara kita berpikir. Sistem 1 adalah yang cepat, intuitif, dan emosional. Sistem 2 adalah yang lebih lambat, penuh pertimbangan, dan sangat logis.

Contoh sederhana. Kenapa sebagian orang mampu mengendarai motor atau mobil sambil berbicara atau menyanyi dalam waktu bersamaan meski lalu lintas sangat padat, sementara sebagian yang lain, terutama bagi pemula, menyetir sambil ngobrol adalah hal yang sangat sulit dilakukan.

Salah satu faktornya adalah kebiasaan. Ya, melakukannya berulang-ulang dan membuatnya menjadi biasa. Apakah bisa kita lakukan pada bidang-bidang yang lain? Pasti bisa.

Mulai hari ini, mari kita latih anak-anak kita melakukan hal-hal luar biasa dan membuatnya menjadi kebiasaan. Contoh kecil, misalnya, tentang sadar kebersihan. Memungut sampah yang kita temui dan memasukkannya ke tempat sampah masih menjadi hal luar biasa bagi kebanyakan orang. Mari kita latih setiap hari, kita contohkan setiap saat, kita ingatkan setiap waktu, agar tertanam menjadi kebiasaan.

Mari kita lakukan di semua aspek kehidupan! Konsisten dan terus menerus adalah kunci utamanya.

Author: Ali Fauzi

SEJUTAGURU merupakan tempat untuk berbagi ide, pemikiran, informasi dan kebijaksanaan hidup. Lebih khusus lagi di bidang pendidikan: guru, pendidik, sekolah, dan proses belajar. Pengelola blog ini adalah seorang guru, orangtua, dan selalu siap menerima dan berbagi ilmu.

Share

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.